Banner Pemkab Muba

KPU Sukses Gelar Pendaftaran Bakal Calon Bupati – Wakil Bupati Ogan Komering Ilir.

Advertorial

banner 120x600

AmperaBlitz.com, Ogan Komering Ilir — Tercatat 2 pasangan calon resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Ogan komering Ilir (KPU OKI) sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati hingga berakhirnya masa pendaftaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kedua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati OKI yaitu HM Djakfar Shodiq – Abdiyanto dan H Muchendi Mahzareki – Supriyanto

Pasangan Shodiq – Abdiyanto diusung oleh gabungan parpol yaitu PDIP, PKB, Hanura dan PBB.

Sedangkan Muchendi – Supriyanto diusung oleh Demokrat, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN, PKS, PPP, Perindo, PSI dan Garuda. 

Saat dikonfirmasi Ketua KPU OKI, M Irsan mengatakan bahwa terdapat dua pasangan bakal Cabup-Cawabup yang mendaftar sampai terakhir masa pendaftaran. 

“Seperti yang kita ketahui berkas syarat pendaftaran pencalonan dari dua paslon sudah kami terima dan dinyatakan lengkap,”  kata Irsan.

Menurutnya, pendaftaran sudah ditutup tadi malam hingga pukul 23.59 WIB merupakan batas waktu yang ditetapkan bagi kandidat yang ingin maju di Pilkada OKI 2024.

“Dihari kedua kedatangan paslon Djakfar Shodiq – Abdiyanto dan hari terakhir ada Muchendi – Supriyanto. Artinya pilkada Kabupaten OKI hanya 2 pasangan calon,” paparnya.

Dalam pemilihan kepala daerah paslon yang telah mengirim berkas pendaftaran ke KPU OKI juga wajib menjalani pemeriksaan kesehatan.

Dikatakan Ketua KPU OKI, M. Irsan telah menyelesaikan seluruh pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bagi kedua pasangan bakal Bacabup-Bacawabup di RSUP M Hosein Kota Palembang.

“Tahapan pemeriksaan kesehatan bertujuan melengkapi berkas administrasi pendaftaran yang telah mereka sampaikan sebelumnya. Jadi kita tinggal menunggu hasil pemeriksaan dari tim dokter,” ujarnya didampingi ke 4 komisioner lainnya yaitu Antoni Akhyar, Hadi Irawan, Dedi Irama dan M Amin.

Dijelaskan Irsan, untuk pemeriksaan kesehatan ini meliputi tiga aspek utama yaitu pemeriksaan fisik, kejiwaan serta adanya tes bebas dari penggunaan narkotika.

Menurutnya, pengawalan pemeriksaan kesehatan terhadap dua paslon, pihaknya sedang verifikasi berkas paslon yang sebelumnya mendaftar ke KPU OKI.

“Makanya kami meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawal terkait adanya verifikasi. Apabila ada berkas yang janggal dari kedua paslon, supaya segera membuat laporan ke KPU OKI,” paparnya.

Masih kata dia, setelah seluruh proses verifikasi berkas selesai, nantinya akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut paslon Bupati dan Wakil Bupati.

“Jadwal pengundian 23 September 2024 mendatang. Lalu tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan kampanye dari pasangan calon bupati dan wakil bupati,” terangnya.

Bukan hanya itu saja, Irsan sangat berharap semua proses tahapan yang akan dilaksanakan sampai pemungutan suara nantinya berjalan lanjar dan aman.

“Semoga tahapan-tahapan proses pemilihan dan penetapan calon bupati OKI terpilih bisa berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *